5 Hal Yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

5 Hal Yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

Bagi negara dengan penduduk mayoritas muslim seperti Indonesia, bulan suci Ramadhan menjadi sebuah fenomena unik terkait berubahnya pola perilaku konsumen di berbagai sektor industri. Nasihat dari Bob Sadino “Jangan berharap terlalu banyak” Memang impian semua orang adalah sukses. “Ora gampang nglokro karena terbiasa hidup berdampingan dengan risiko. Semoga bisa melesatkan produk lokal karya anak bangsa hingga tingkat nasional sampai internasional. Memiliki kemauan kuat, disiplin, management, bisa menjadi scottpreneur,” tambah Atikoh.

Atau cari jenis usaha yang belum pernah ada sehingga terkesan unik dan menarik. Bisa juga usaha yang sudah ada di pasaran namun peluangnya cukup besar. Minat berwirausaha tidak dimiliki dengan begitu saja, melainkan dapat dipupuk dan dikembangkan. Bastian dalam Wibowo , kewirausahaan bisa dihasilkan dari studying by doing, juga dari semangat mengambil risiko tanpa takut, bukan lewat pendidikan khusus kewirausahaan atau manajemen. Menurut Wibowo , wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya.

Peluang itu selalu ada, tetapi terkadang banyak orang yang kurang menyadarinya. Jika telah menyadari keberadaan peluang tersebut, manfaatkan dengan optimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, kondisi ini harus ditanamkan pada diri sendiri yang didasarkan pada mimpi dan tujuan akhir yang telah dibangun. Pemberian KUR ini kan dilihat berapa lama usahanya sudah berjalan minimal enam bulan berjalan dan pihak BNI akan memberikan pinjaman dengan suku bunga yang kecil 6 persen pertahun.

Integritas dan profesional, pelanggan atau mitra anda tidak akan menyesal dan terus mempercayakan anda sebagai vendor atau penjual yang memberikan kontribusi bagi kebutuhan pelanggan. Yang seperti itu hanyalah orang yang tidak siap untuk berbisnis. Kualitas makanan atau minuman yang kamu sediakan di resto juga perlu diperhatikan lho. Jika kualitas makanan buruk, kurang bersih, apalagi harganya mahal, bisa jadi pelanggan akan kapok untuk datang kembali ke resto kamu, sob. Oleh sebab itu, kualitas rasa dan kebersihan makanan harus dijaga dan harus memenuhi standar yang baik dan layak.

Kemauan untuk berbisnis

Hal tersebut akan sangat menguntungkan apabila dibarengi dengan perealisasian, sehingga muncullah inovasi. Kreativitas memunculkan inovasi yang membuat perusahaan akan selalu segar dan tak lekang dimakan pergantian zaman. Dari beberapa contoh pengusaha tersukses di atas, terdapat 1 kesamaan yang dapat disimpulkan.

Seorang wirausahaharuslah memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau memberikan nilai tambah untuk bisa merencanakan dan membuat inovasi baru. [newline]Segala ketakutan menjadi sia-sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan. Menurut Eko, risiko terbesar seorang pemula bisnis kecil dimulai dari pilihan berutang untuk awal bisnisnya. Kalaupun harus berutang, lagi-lagi Eko mengingatkan untuk disiplin dalam pengelolaan dana yang berputar, apalagi untuk bisnis baru.

Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda agar dapat bersaing. Bisa melakukan banyak hal mungkin adalah suatu kelebihan, namun jika semua hal dalam bisnis kita lakukan sendiri, hal itu justru bisa menghambat perkembangan bisnis tersebut. Maka dari itu, kunci sukses bisnis lainnya adalah kemampuan dan kemauan seseorang dalam memercayai orang lain untuk mengerjakan beberapa bagian pekerjaan dalam bisnis. Kemampuan untuk mendelegasikan pekerjaan bisa membuat kerja lebih efektif dan akibatnya, bisnis akan lebih pesat kemajuannya. Tidak selesai pada kemampuan berkomunikasi, kemauan untuk terus menambah dan menjaring relasi juga menjadi kunci kesuksesan bisnis dari zaman ke zaman. Semakin luas relasi yang dimiliki, maka akan semakin besar kesempatan bagi bisnis untuk bisa berkembang.

Namun sebelumnya, si anak harus dibekali tentang nilai tanggung jawab, cara mengelola uang secara sederhana, dan mengelola waktu untuk belajar dan berwirausaha. Misalnya, mengajarkan anak tanggung jawab ketika buang air kecil ke toilet, dan mengelola uang jajan yang diberikan—sebagian untuk jajan makanan yang sehat, sebagian untuk menabung, dan sebagian lagi untuk sedekah. Latihan seperti ini sudah bisa dilakukan sejak anak berusia dua tahun. “Jangan anggap anak tidak mengerti apa-apa dengan mengatakan, ‘Ah, masih anak kecil,’” ujarnya.

Ajaib.co.id – Wirausaha merupakan usaha seseorang untuk melakukan aktivitas bisnis yang dilakukan secara mandiri dalam mengalokasikan berbagai sumber daya. Kegiatan wirausaha juga merupakan upaya untuk mensukseskan bisnis yang sedang dijalankan. Meski sudah belajar di sekolah, siswa terkadang masih memerlukan les tambahan untuk mata pelajaran yang belum dikuasainya dengan baik. Parents bisa memanfaatkan peluang ini dengan mencoba membuka les privat untuk yang memerlukan.

Apapun keahlian yang diperlukan selama kamu memiliki kemauan maka kamu bisa belajar. Saat acara InnoCreativation yang dihelat Detikcom, Zaky bercerita kalau untuk mencapai sukses butuh kerja keras, kemauan dan tekad yang kuat. Sebelum berhasil membuat e-commerce, Zaky pernah mencoba membuka usaha kulier mie ayam ketika kuliah. Salah satu kunci sukses berbisnis di rumah adalah cermat mengatur waktu.

Comments are closed.