Ekspor Impor Indonesia

Ekspor Impor Indonesia

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jabar Dadan Hidayat, sektor tanaman pangan dan hortikultura merupakan salah satu dari lima sektor lapangan usaha yang masih tetap eksis di masa pandemi. “Buat discussion board pembeli atau offtaker yang isinya ada pengekspor yang sudah tahu bagaimana menjual, apa yang laku. Setelah itu, memperbesar jaringannya difasilitasi oleh kita, sehingga nanti terjadi hubungan ekonomi yang sangat baik.

Kopi akan menjadi salah satu fokus ekspor Kementrian Pertanian di tahun 2019 ini, dengan negara sasaran adalah Amerika dan Eropa. Untuk menggenjot ekspor, Kementan menyetok bibit kopi unggulan senilai 5,5 triliun rupiah. Situasi semakin pelik untuk industri pengolahan kopi Tanah Air karena cara pengolahan dan penyajian kopi olahan di Indonesia belum tentu sesuai dengan lidah pembeli di pasar ekspor. Dia mencontohkan, penikmat kopi Malaysia lebih suka gorengan kopi hangus ditambah susu kental manis. Terdapat empat langkah yang bisa dilakukan untuk merencanakan ekspor produk makanan. Metode ini dikemukakan oleh penulis berdasarkan studi literatur dan greatest practice beserta hasil riset bersama para diaspora dan eksportir Indonesia di bidang usaha makanan.

Membuat sebuah komunitas Ekspor

Meskipun Indonesia memiliki 270 juta penduduk yang juga merupakan konsumen kopi, sekitar persen produksi biji kopi Indonesia dilaporkan diekspor ke pasar world. Ini artinya masih besar ruang kapasitas untuk melakukan ekspor kopi walaupun konsumsi kopi dalam negeri juga tinggi. Seperti kebanyakan komoditas utama lainnya, harga karet internasional telah mengalami tekanan mulai dari 2011 waktu aktivitas ekonomi international lemah serta melimpahnya pasokan karet alam. Selain itu, harga minyak mentah yang rendah membuat karet sintetis sangat kompetitif, sehingga harga karet alam turun secara signifikan antara awal 2011 dan akhir 2017. Sementara itu, kemajuan dalam pengembangan ban berbasis bio juga menjadi ancaman bagi industri karet.

“Langkah yang harus segera dijalankan saat ini yaitu memperbaiki konsumsi di dalam negeri dengan memastikan arus barang berjalan regular. Dengan lancarnya arus bahan baku dan barang penolong, industri nasional dapat berjalan baik sehingga memberi pengaruh positif pada konsumsi nasional dan kinerja ekspor. Inilah yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Mendag Lutfi. Penurunan impor yang dalam ini sebagai dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan terganggunya aktivitas industri dan perdagangan, baik di dalam negeri maupun seluruh dunia. Sementara itu, produk kendaraan bermotor dan suku cadangnya pada 2020 menempati urutan ke-6 pada ekspor nonmigas Indonesia dengan kontribusi sebesar 4,3 persen atau senilai USD 6,6 miliar.

Namun ketika gangguan suplai karet alam membuat harganya naik, maka pasar cenderung beralih ke karet sintetis. Indonesia adalah salah satu produsen dan eksportir karet alam terbesar di dunia. Malaysia menawarkan iklim investasi yang baik dengan kebijakan pemerintahnya yang pro-investasi, liberalisasi, formulasi insentif, minimalisasi pajak, dan perlindungan kekayaan intelektual. Investor mendapatkan keuntungan dari dukungan infrastruktur Malaysia yang mencakup lebih dari 200 kawasan industri dan berbagai zona bebas. Malaysia memiliki 17 zona bebas komersial yang diperuntukkan bagi kegiatan komersial termasuk perdagangan,grading, pengemasan, trans-shipment, dan transit. [newline]Selain itu Malaysia memiliki 18 kawasan industri bebas yang memungkinkan perusahaan manufaktur yang berorientasi ekspor untuk menikmati bebas bea impor bahan baku, komponen, mesin dan peralatan.

Comments are closed.