Himki Cirebon Desak Pemerintah Stop Ekspor Bahan Baku Rotan

Himki Cirebon Desak Pemerintah Stop Ekspor Bahan Baku Rotan

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Abdullah Mansuri mengatakan, berkurangnya pasokan alat rumah tangga, tekstil, buah, dan sayur impor dari China masih bisa digantikan oleh pasokan dalam negeri. Terkait dampak coronavirus terhadap pengiriman barang dari China, dia menegaskan bahwa dampaknya relatif minim. Hal ini lantaran persentase barang impor relatif sangat kecil dibandingkan dengan whole transaksi Shopee. Chief Executive Officer Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengklaim, pihaknya belum merasakan dampak dari virus corona terhadap transaksi dan pengiriman barang.

Tetapi membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk bisa sukses melakukan penertiban. Sinergi antar lembaga dan kementerian tentunya menjadi satu kesatuan yang tepat untuk bisa menghalau penyelundupan barang ini. Khususnya untuk Batam yang memang letaknya strategis untuk menjadi tempat perdagangan internasional. Pemerintah terfokus pada wilayah perairan sekitar Batam, Selat Malaka dan Sumatera yang memang selama ini banyak dijadikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi penyelundupan barang. Terutama untuk transaksi ship to ship yang juga menjadi perhatian penting pemerintah untuk mencegah terjadinya penyelundupan barang yang merugikan bagi negara. Selain penerapan harga tunggal, pemerintah dapat menerapkan kebijakan ceiling price.

Ekspor bahan- bahan langka

Berdasarkan informasi yang ia dapat, Undang-Undang tembakau masih belum disahkan, karena masih terjadi pertentangan antara kelompok aktivis kesehatan dan pengusaha serta petani tembakau. Prospek CNO saat ini begitu menjanjikan karena tuntutan pasar lebih besar dari pasokan. Saat ini kapasitas produksi IOP mencapai 100 ton CNO per hari atau setara dengan one hundred fifty ton kopra per hari. Rencananya kapasitas produksi akan segera ditingkatkan menjadi 300 ton per hari.

Sebaliknya, barang yang tersedia dengan sedikit atau tanpa biaya dikenal sebagai barang tidak langka atau barang free of charge. Untuk itu, IKM masih terus menjalankan penjualan secara daring agar tetap mendapatkan pemasukan bagi perusahaan, seraya berharap agar akses pengiriman barang tetap dapat berjalan meskipun akan diberlakukan karantina wilayah. Di antaranya melampirkan Izin Usaha Industri, rencana ekspor dalam 6 bulan, serta surat pernyataan memiliki ketersediaan untuk kebutuhan dalam negeri.

Bisa juga berkomunikasi dengan Kamar Dagang dan Industri, atase perdagangan, dan lainnya. Lembaga-lembaga tersebut berfungsi untuk membantu mempromosikan komoditi/produk siap ekspor pengusaha Indonesia. Bagi anda yang ingin atau tengah berencana untuk mengekspor produk tetapi belum tahu prosedurnya, 4 langkah tata cara ekspor ini bisa menjadi referensi. Minimal, anda jadi tahu dasar-dasarnya sebelum anda memutuskan untuk konsultasi langsung di dinas perdagangan, misalnya.

Peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik bahan baku natural yang berdiri di atas lahan seluas 36 hektare dilakukan Selasa (18/2) pagi ini di pabrik Sido Muncul, Semarang, Jawa Tengah. Wabah coronavirus baru turut mengganggu pasokan beberapa komoditas bahan pangan yang didatangkan dari China seperti bawang putih, bawang bombay, dan sejumlah buah-buahan subtropis impor. Hanya impor untuk produk bahan baku atau bahan baku penolong yang berorientasi ekspor yang dipermudah, bukan sekadar untuk produk yang di pasarkan di domestik,” kata Enny.

Bentuknya yang tidak beraturan sangat mirip dengan ranting, tapi rasanya tremendous mantap. Pakaian misalnya, yang rata-rata bisa Anda temukan di berbagai industri kreatif di kota ini. Jahitannya rapi, kainnya berkualitas tinggi, sehingga sangat pas untuk menjadi oleh-oleh yang paling berkesan. Sebagai kota dengan kerajinan yang ternama di seantero Nusantara, tentunya jangan Anda lewatkan untuk berbelanja oleh-oleh ketika berkunjung ke daerah yang satu ini. Di daerah ini tidak hanya kerajinan, tapi style dan makanan juga akan menjadi hal yang perlu Anda incar.

Dengan penambahan kapasitas produksi tersebut, pihaknya menargetkan kenaikan angka penjualan dari Rp 2,3 triliun menjadi Rp 2,8 triliun dengan laba bersih mencapai Rp 450 miliar pada 2014. Irwan menjelaskan, hasil dari pabrik bahan baku natural ini selain dikonsumsi sendiri oleh pabrik jamu Sido Muncul, juga akan dijual ke perusahaan-perusahaan lain yang membutuhkan pasokan bahan baku natural yang berkualitas. Untuk menekan terjadinya kenaikan harga jual jamu, produsen obat natural dan farmasi, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memperluas pabrik bahan bakunya, melalui anak usahanya PT Semarang Herbal Indo Plant.

Kondisi ini juga mengakibatkan terkereknya freight atau ongkos angkut pelayaran international menjadi lebih tinggi. Begitu pula yang terjadi dengan kebutuhan ekspor tinggi, sementara quantity impor juga berkurang banyak saat pandemi, maka tidak terjadi penumpukan kontainer kosong untuk ekspor di Indonesia. Sobur mengatakan, penyebab dari kelangkaan kontainer antara lain turunnya operasional di transshipment port yang belakangan ini hanya 50%. Kelangkaan kontainer ini hampir terjadi di semua pelabuhan, termasuk Medan dan Tanjung Emas, terutama untuk tujuan ekspor ke Asia. Menurut Ridwan, menurunnya pembelian di pasar world menyebabkan utilisasi banyak pabrikan juga mengalami penurunan. Selain daripada hal tersebut dengan menurunnya impor dalam Pertikemas/Kontainer menyebabkan kekurangan Petikemas/Kontainer untuk ekspor.

Comments are closed.