Soal Kelangkaan Kontainer Ekspor, Pemprov Ntb Angkat Tangan

Soal Kelangkaan Kontainer Ekspor, Pemprov Ntb Angkat Tangan

Penggunaan mata uang lokal dalam perdagangan serta investasi regional diperlukan untuk mengurangi dominasi greenback AS. Dengan begitu, kerjasama LCS diharapkan dapat mengembangkan pasar keuangan berbasis mata uang lokal dan mendorong perluasan akses pelaku usaha. Untuk Jepang, transaksi LCS Rupiah dan Yen telah diimplementasikan sejak 31 Agustus 2020. Melalui penguatan kerangka kerja sama ini, Indonesia dan Jepang berpegang teguh untuk meninggalkan dolar AS dalam transaksi perdagangan dan investasi. “Kalau kita lihat, pertumbuhan investasi di infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir dimaksudkan untuk menunjang manufaktur nasional agar menghasilkan produk bernilai tambah,” ujarnya.

Sehingga kebutuhan pelaku usaha untuk mengekspor produknya sangat terpengaruh. FTA mungkin menjadi momok bagi industri dalam negeri terutama IKM, namun siap atau tidak siap sistem ekonomi Indonesia yang terbuka harus bisa bertahan dari gempuran perdagangan antarnegara. Bagaimana Indonesia dapat mengambil kesempatan dalam FTA tersebut demi memajukan industri dalam negeri meskipun ada sisi negatifnya. Jangan sampai niatan untuk melindungi industri dalam negeri malah membuat industri domestik tidak tahan banting dan dikucilkan dalam kompetisi perdagangan dunia. Aturan-aturan tersebut dibuat untuk menjaga stabilitas perdagangan internasional dan asas resiprokal dengan negara mitra FTA. Untuk menjaga physical distancing, Bea Cukai juga mengubah pengaturan penyampaian COO/SKA terkait penyerahan SKA atau Invoice Declaration beserta Dokumen Pelengkap Pabean penelitian SKA.

Membuat sebuah komunitas Ekspor

Sejumlah kalangan meminta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk menggeber peluang itu dengan melobi langsung pemerintah China. Untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya tentu pemerintah China tidak dapat mengatasinya sendiri. Hilirisasi, selain meningkatkan nilai jual produk, juga bisa menyerap tenaga kerja dan mensejahterakan petani melalui korporasi petani sehingga nantinya mereka bisa punya saham di industri. Meskipun begitu banyak negara industri telah berhasil membuat produk karet sintetis, kualitas karet murni dari perkebunan Indonesia masih sulit dicapai. Dan dalam suatu negara kita telah menjadi negara yang dapat menghasilkan karet dalam jumlah besar.

Dengan banyaknya industri yang melakukan kegiatan ekspor maka secara tidak langsung akan memunculkan lapangan-lapangan kerja baru, dan tentunya hal ini akan sangat berguna untuk menekan angka pengangguran. Jika dijelaskan secara singkat, Ekspor merupakan kegiatan mengirimkan barang atau produk ke luar negeri, sedangkan impor merupakan kegiatan mengirimkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo Mengatakan Ekspor perdana ini sebesar 1.488 ton dengan nilai US$ 3,44 juta atau Rp forty nine,9 Miliar. Hal ini disampaikan Plt Gubernur sulsel saat melepas ekspor perdana rempah-rempah,pupuk bat guano, dan beberapa komoditas unggulan sulsel lainnya, di Terminal Peti Kemas Makassar PT Pelindo IV, Senin (12/4). Sebab lanjut dia, struktur ekspor Indonesia masih didominasi oleh komoditas jika dibandingkan dengan produk manufaktur. Kesepakatan LCS dengan China dinilai membuat Indonesia tidak lagi ketergantungan terhadap dolar AS dalam menyelesaikan transaksi perdagangan dan investasi dengan negara mitra.

Bagi produsen, kontrak berjangka digunakan untuk melindungi nilai ataupun harga komoditas sampai masa kontrak usai. Contoh dari pedagang komoditas jenis ini adalah petani kedelai yang melakukan perlindungan nilai pada risiko kehilangan dana ketika harga kedelai sedang turun sebelum masa panen tiba. Melalui kontrak berjangka, petani tersebut mampu menjual kedelai ketika masih ditanam sehingga harga jualnya telah lebih ditentukan hingga masa panen tiba. Komposisi barang ekspor tersebut jugalah yang menjadikan keuntungan tersendiri bagi Vietnam atas perubahan struktur ekonomi yang terjadi pada Tiongkok. Karena menurut Asian Development Bank saat ini Tiongkok mulai menggeser hasil produksinya yang semula industri berbasis manufaktur menjadi industri dengan produk akhir bernilai tinggi. Perubahan struktur ekonomi Tiongkok bagai durian runtuh bagi perekonomian Vietnam, namun tidak demikian bagi Indonesia.

Kopi specialty adalah kopi yang dinilai oleh Q-Grader tersertifikasi yang mampu memenuhi kriteria kelas specialty mengacu pada Specialty Coffee Association , dari segi kualitas fisik dan kualitas rasa. Terdapat tiga kelas dalam kualitas fisik, yaitu Specialty Grade, Premium Grade, dan Exchange Grade. Untuk kualitas rasa, kopi dapat dibilang specialty jika mendapatkan nilai di atas eighty melalui proses cupping.

Di antaranya, swike tersebut diekspor ke pasar negara Eropa, AS, Hong Kong, Singapura, dan Jepang. Hal tersebut mengingat kegemaran pasar lokal untuk mengonsumsi swike dengan diolah menjadi swike goreng tepung, pepes sampai diolah menjadi kerupuk kulit. Pesatnya perkembangan pembangunan telah mengganggu ekosistem sehingga kodok dengan jenis tertentu yang biasanya untuk ekspor semakin sulit diperoleh. Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia Sumut, Sofyan Subang, mengatakan ekspor paha kodok itu sering terganggu dengan faktor alam. Meskipun memiliki cadangan migas yang besar, masyarakat Arab Saudi sangat menghargai cita rasa makanan yang diolah dengan standar proses yang tinggi dan sangat menghindari sisa pembakaran dari bahan bakar yang berasal dari fosil. Importir Arab Saudi mengadakan survei dan kunjungan lapangan untuk melihat fasilitas pabrik pengolahan arang kayu, tempat penyimpanan, dan pengepakan.

Dalam upaya mendorong ekspor tersebut, sejumlah insentif pun sudah diberikan. Bahkan, Pemerintah akan mengurangi beban yang ditanggung oleh pengusaha, seperti meminimalkan pengenaan PPN 10 persen. Jenis komoditas yang terakhir adalah peternakan, yaitu produk yang berasal dari peternakan dan mencakupi ternak hidup. Di sisi lain, yang termasuk dalam jenis logam berharga adalah emas, perak, platinum, dan palladium. Akan tetapi, khusus pada produk emas, perdagangannya juga bisa dilakukan dengan menggunakan satuan kilogram. Dalam konteks yang lebih umum, valuta asing, indeks, dan juga instrumen juga bisa digolongkan sebagai komoditas karena termasuk sebagai produk yang mudah untuk diperdagangkan.

Comments are closed.